Masih ragu untuk memiliki apartemen? Ini dia beberapa kelebihan jika Anda tinggal di apartemen, seperti The Avenue Residences

///
Comment0
/
Categories

 

transitional-living-room

Tinggal di apartemen bisa menjadi alternatif bagi para urbaners, khususnya mereka yang tinggal di daerah padat penduduk dan rawan macet. Hunian ini menawarkan kenyamanan yang tak kalah dengan rumah tapak, namun dengan harga yang rata-rata lebih terjangkau.

Seperti layaknya rumah tapak, tinggal di apartemen juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Rumah tapak biasanya dipilih karena alasan tertentu, terutama karena lebih fleksibel dalam pengembangan lahan.

Dalam artian, rumah tapak dapat dibangun atau dikembangkan sesuai kebutuhan. Namun, seiring dengan makin sedikitnya lahan di perkotaan, rumah tapak baru di tengah kota pun makin jarang tersedia.

Dewasa ini, orang juga tak hanya butuh tempat tinggal yang nyaman, namun juga dekat dengan tempat kerja dan fasilitas lainnya. Nah, perkembangan apartemen menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan tempat tinggal dalam kota namun dengan pengembangan vertikal.

Pengembangan vertikal memiliki nilai lebih karena dengan keterbatasan lahan, dapat menampung lebih banyak hunian. Walhasil, lebih banyak orang memiliki akses ke dalam kota.

Kekurangannya Hanya Tak Bisa Diperluas

Mereka yang memilih rumah tapak sebagai tempat tinggal, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menanam tanaman dan merasakan unsur iklim dengan lebih banyak. Ini artinya dengan memiliki rumah tapak, kita masih bisa merasakan perasaan sentimental dengan memiliki jendela, pintu dan taman yang merupakan elemen rumah, berkaitan dengan hal-hal sederhana dalam kehidupan.

Rumah tapak unggul dibanding hunian jenis apartemen karena memiliki lahan yang dapat dikembangkan secara horizontal ataupun vertikal. Apabila memiliki lahan sisa, rumah tapak dapat dikembangkan secara horizontal, sedangkan bila lahan habis, rumah tapak masih dapat dikembangkan secara vertikal alias bertingkat. (Baca juga: Mana Lebih Untung: Investasi Apartemen atau Rumah Tapak?)

Ini berbeda dengan apartemen yang tidak memiliki kemungkinan pengembangan. Apartemen hanya bisa dikembangkan bagian interiornya, tapi tidak bisa diperluas baik secara vertikal atau horizontal.

Sementara itu, lahan untuk membangun rumah tapak saat ini makin sedikit. Artinya, memiliki rumah tapak yang berlokasi di kota berarti kita harus membeli rumah lama dan merenovasi atau membangun baru lagi.

Kelebihannya:

1. Mudah Dijangkau

Kelebihan apartemen yang utama adalah dari sisi lokasi. Biasanya, lokasi apartemen dapat dijangkau dengan mudah di dalam kota, bahkan berada di lokasi-lokasi yang tak mungkin dibangun menjadi rumah tapak karena faktor harga lahan. (Baca juga: Beda Biaya Rutin Penghuni Apartemen dan Rumah Tapak)

2. Fasilitas Lengkap

Di dalam apartemen, biasanya juga sudah tersedia berbagai fasilitas yang direncanakan, seperti minimarket, kolam renang, taman, jogging track, kafe, restoran, dan sebagainya. Selain itu, penghuni apartemen biasanya memiliki akses untuk menggunakan fasilitas tersebut dengan mudah.

Lain dengan rumah tapak yang biasanya harus menempuh jarak lebih jauh untuk mendapatkan fasilitas yang sama, terutama apabila berada di kompleks perumahan atau di jalan yang jauh dari pusat kota.

3. Lebih Praktis

Ukuran apartemen yang lebih kecil memudahkan kita saat merapikan ruangannya. Kita tak perlu waktu dan energi yang besar bagi untuk membersihkannya. Beberapa perawatan seperti saluran pembuangan atau sirkulasi udara juga tidak perlu dilakukan sendiri karena sudah ditangani oleh pihak pengelola.

4. Keamanan Terjamin

Dengan akses masuk yang terbatas, ketersediaan petugas keamanan dan keberadaan kamera pengawas, tinggal di apartemen mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tinggal di rumah biasa. Petugas keamanan juga mudah dihubungi jika kita membutuhkan bantuan. (Baca juga: Tips Beli Apartemen untuk Investor Muda)

5. Pemandangan yang Indah

Tinggal di apartemen yang tinggi memungkinkan kita mempunyai pemandangan yang tak bisa didapatkan jika tinggal di rumah bertingkat tiga sekalipun. Kilau lampu jalanan dan gedung-gedung serta jarak pandangan yang lebih luas ke sekeliling dapat menjadi hiburan saat bersantai di rumah.

Sumber : http://urbanlife.id/2016/05/26/mau-tinggal-di-apartemen-ini-kelebihan-dan-kekurangannya/

Leave a Reply

Facebook
Twitter
Instagram
SOCIALICON